Penelitian ini mengkaji secara mendalam pengaruh penggunaan smartphone terhadap prestasi akademik dan keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Dengan menggunakan pendekatan mixed- method, studi ini melibatkan 200 siswa kelas 4-6 di UPTD SDN 10 Desa Bangun Sari. Hasil menunjukkan korelasi positif yang signifikan antara penggunaan smartphone yang terstruktur dengan peningkatan prestasi akademik (r = 0.42, p < 0.01), terutama dalam mata pelajaran yang memanfaatkan aplikasi pembelajaran interaktif. Namun, penggunaan berlebihan (>4 jam/hari) berkorelasi negatif dengan prestasi akademik (r = -0.38, p < 0.05) dan keterampilan sosial (r = - 0.33, p < 0.05). Analisis kualitatif mengungkapkan bahwa siswa yang menggunakan smartphone secara terarah untuk pembelajaran menunjukkan peningkatan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis. Keterampilan sosial siswa menunjukkan pola yang serupa, dengan penggunaan moderat (1-2 jam/hari) tidak menunjukkan dampak negatif signifikan. Penelitian ini menyoroti pentingnya pengawasan orang tua, peran guru dalam integrasi teknologi, dan implementasi kebijakan sekolah yang mendukung penggunaan smartphone secara bijak untuk mengoptimalkan manfaatnya dalam pendidikan.
Copyrights © 2024