Kurikulum Merdeka adalah konsep pendidikan yang bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada siswa dalam menentukan jalannya pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran matematika, internalisasi Kurikulum Merdeka menghadirkan pendekatan inovatif yang mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman konsep matematika, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan internalisasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika dan strategi implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka dari jurnal tentang penerapan Kurikulum Merdeka. Analisis data menggunakan model Miles melalui tiga langkah yaitu pengumpulan data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penlitian ini adalah guru dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam pembelajaran matematika dapat menggunakan beberapa setrategi di antaranya: menerapkan pembelajaran dengan pemilihan metode pembelajaran yang variatif, penggunaan teknologi sebagai alat pembelajaran, kolaborasi dan diskusi dalam kelas, serta penerapan matematika dalam konteks nyata
Copyrights © 2023