Salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik adalah kemampuan numerasi dasar yang dapat membantu dan memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran, seperti kemampuan mengenal lambang bilangan, kemampuan menentukan nilai tempat bilangan dan kemampuan menyelesaikan operasi penjumlahan dan perkalian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III di UPTD SDI Tarawaja. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas III UPTD SDI Tarawaja yang berjumlah 14 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknis tes. Analisis data menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan numerasi siswa yang berada pada level 2 terdiri dari 8 siswa, level 3 sebanyak 3 siswa dan siswa yang berada pada level 4 terdiri dari 3 siswa dari 14 siswa di kelas 111. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan numerasi pada materi penjumlahan dan perkalian pada siswa kelas III di UPTD SDI Tarawaja masih rendah dan masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan tetap melaksanakan pembelajaran sesuai level, menggunakan metode pengajaran yang bervariasi dan memanfaatkan media pembelajaran.
Copyrights © 2024