ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 3 No. 2 (2023): Agustus

Penerapan Ekonomi Kreatif dalam Pengolahan dan Pemasaran Ikan Lele Rumahan Menggunakan Metode Digital Marketing

Widia, Elsa (Unknown)
Putra, Dwipa Junika (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Indonesia memiliki potensi yang luar biasa di bidang perikanan, khususnya pada perikanan air tawar. Seiring meningkatnya permintaan pasar, masyarakat mulai membudidayakan beberapa ikan jenis tertentu salah satunya ikan lele. Namun peternak seringkali mengalami kesulitan untuk memasarkan ikan lele jika usia dan besar ikan lele melebihi dengan permintaan pasar. Untuk menghindari resiko kerugian maka pengabdian kepada masyarakat kali ini akan mengadakan pelatihan untuk membantu masyarakat dan peternak melalui kegiatan pengolahan ikan lele untuk menciptakan nilai ekonomis tinggi untuk dipasarkan. Pelatihan ini juga akan dilengkapi dengan pelatihan digital marketing untuk memasarkan produk olahan tersebut. Produk olahan dapat diversifikasi menjadi daging fillet, siomay, nugget, bakso, abon, atau kerupuk yang dapat dipasarkan dalam bentuk frozen food. Kemudian untuk pemasaran diutamakan menggunakan digital marketing melalui website atau media online lainnya. Kegiatan ini diikuti oleh peternak ikan lele dan masyarakat sekitar Kelurahan Aia Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu memberikan motivasi peternak untuk menghasilkan produk olahan yang berdaya jual tinggi dan mampu memasarkannya secara digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

almujtamae

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

ALMUJTAMAE: Jurnal Pengabdian Masyarakat | ISSN 2809-347X (Online) | is an official journal published by the Faculty of Islamic Economics, Djuanda University, Bogor as a medium for disseminating, exchanging information and communication carried out by devotees as a result of community service ...