ETAM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 4 No. 2 (2024): JUNE

Pengembangan Usaha Gula Aren Melalui Digitalisasi Marketing di Desa Jaten Jogorogo Kabupaten Ngawi

Kamila, Ulfa Muna (Unknown)
Setiyono, Ahmad (Unknown)
Multazamiya, Nayla Syifa (Unknown)
Magfiroh, Annisa Wahidiyatul (Unknown)
Muta’ali, Auliya Hafizh (Unknown)
Rahmah, Fauziah Nur Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran produk melalui media sosial untuk meningkatkan konsumen dan penjualan produk gula aren. Digital marketing dipilih sebagai solusi dari permasalan yang dihadapi umkm gula aren dikarenakan penjualan yang masih dilakukan secara tradisional dan banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan umkm gula aren ini sehingga penjualan masih rendah. Pembuatan gula aren tergolong sulit karena untuk menghasilkan gula aren yang baik harus dimasak selama delapan jam, gula aren dijamin keaslianya karena air nila yang menjadi bahan baku pembuatan gula aren tidak diberi bahan tambahan apapun. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada pelaku umkm gula aren tentang digital marketing yaitu penggunaan media sosial dalam memasarkan produk sehingga dapat memperluas jaringan pasar serta meningkatkan penjualan gula aren. Metode kegiatan yang digunakan adalah menggunakan metode PAR (participatory Action Research) yaitu metode melalui penyelesaian lima siklus yaitu to know (mengidentifikasi masalah), to understand (untuk mengerti), planning (perencanaan), to action (aksi), dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan pelaku umkm telah memahami dan menggunakan digitalisasi marketing dalam memasarkan produk dan telah menerima pesanan dari konsumen dan mengirimkanya. Dapat disimpulkan bahwa digitalisasi marketing mampu meningkatkan pengetahuan pelaku umkm tentang pemasaran produk gula aren sehingga banyak Masyarakat yang mengetahui keberadaan gula aren di desa jaten dan memesanya melalui pemesanan online maupun offline.

Copyrights © 2024