Banyaknya permintaan pengiriman didalam perusahaan freight forwarder merupakan suatu tantangan bagi mereka yang berkecimpung dibidang tersebut. Permintaan pengiriman biasanya mulai dari Indonesia sampai mancanegara. Tidak heran para pekerja menemukan masalah didalamnya, karena pengiriman tidak hanya melalui darat tetapi laut maupun udara. Sehingga banyaknya variable yang harus diperhatikan dalam pengambilan keputusan dibutuhkan analisis yang kuat dari variable – variable penunjang pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini untuk memvisualisasikan persebaran konsumen di Indonesia dengan mengimplementasikan Business Intelligence untuk menampilkan wilayah dengan permintaan tertinggi, estimasi pengiriman, beratnya muatan paket, kepuasan konsumen, pemasaran berdasarkan bulan, dan diskon pengiriman. Metode penelitian ini diperoleh dari dataset PT. MAZTRANS GLOBAL INDO dari Januari – Desember 2023. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kota Jakarta Timur menjadi kota dengan pengiriman terbanyak dengan total pengiriman 8.963. Serta pada tahun 2023 PT. MAZTRANS GLOBAL INDO berhasil mengirim paket sebanyak 162.814 dengan average rating sebesar 4,5. Dengan menggunakan tableau, tampilan visualsiasi data yang dihasilkan menjadi interaktif dan menarik. Sehinnga dapat mempermudah perusahaan dalam menganalisis permasalahan yang ada
Copyrights © 2024