Masalah gizi yang terjadi di usia anak sekolah merupakan salah satu dampak dari ketidakseimbangan antara asupan dan juga pengeluaran zat gizi. Akibat ketidakseimbangan antara asupan dan pengeluaran zat gizi dapat menimbulkan masalah gizi pada anak usia sekolah. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah gizi pada anak usia sekolah adalah dengan memberikan suatu edukasi berupa media. Salah satu contoh media yang bisa digunakan untuk edukasi gizi adalah media permainan ular tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permainan ular tangga Isi Piringku sebagai media edukasi gizi untuk anak sekolah di SDN Jember Lor 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE (Analyzee, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa SDN Jember Lor 1 kelas VD dengan jumlah 27 siswa. Subjek penelitian ini diambil dengan menggukan teknik Total Sampling. Hasil dari uji validasi materi mendapatkan nilai 92% dengan hasil kategori sangat baik dan hasil dari uji validasi media mendapatkan nilai 95% dengan hasil kategori sangat baik. Pada tahap uji daya terima siswa, diperoleh hasil sebesar 99,25% dengan hasil kategori respon positif. Berdasarkan analisis data tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa media permainan ular tangga yang sudah dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media edukasi gizi terkait materi isi piringku.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024