Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading
Vol. 2 No. 2 (2023): September

EFEKTIVAS PENERAPAN METODE ESTAFET LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

wahyuddin (Unknown)
samad, irfawandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen bertujuan ingin mengetahui penerapan Estafet Learning terhadap hasil belajar siswa.. Subyek penelitian ini ialah semua siswa kelas VIII MTs Al Fajrin Tangnga Tangga. Sampel penelitian dilakukan di kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrument yang digunakan pada penelitian ini ialah tes hasil belajar matematika siswa, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensi. Setelah mengolah hasil analisis deskriptif, diperoleh post-test. Artinya, rata-rata skor belajar matematika untuk kelas eksperimen adalah 83,94 dan untuk kelas kontrol adalah 77,13. Data perhitungan uji-t data post-test menunjukkan nilai thitung sebesar 3,26, dan nilai ????tabel sebesar 2,65. Artinya thitung > ????tabel adalah 3,26 > 2,65. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Estafet Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika kelas VIII MTs Al Fajrin.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sawerigading Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi berupa akademis tentang pembelajaran dan pendidikan matematika, hasil ...