Sigma: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading
Vol. 3 No. 1 (2024): Maret (Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan)

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran: PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN EACH ONE TEACH ONE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A IPS SMP YP-PGRI 4 MAKASSAR

aslindawaty, nur (Unknown)
Alwis, Dwiyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan Teknik Pembelajaran Each One Teach One pada Siswa Kelas VII A IPS SMP YP-PGRI 4 Makassar, yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan II siklus serta Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi aktivitas belajar siswa dan tes akhir, Sedangkan tes analisis data yang digunakan ialah statistik deskreptif Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan terjadi peningkatan Aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. dengan skor rata-rata aktivitas belajar pada siklus I hanya 48% dan pada siklus ke II 80%. Dan skor rata- rata hasil belajar siswa pada siklus I hanya 32% dan pada siklus II meningkat menjadi 80%. Hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan menerapkan Teknik pembelajaran Each One Teach One dapat meningkat aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VII A IPS SMP YP-PGRI 4 Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jsm

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

SigMa: Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Matematika Sawerigading merupakan jurnal peer review yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sawerigading Makassar. Jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi diskusi berupa akademis tentang pembelajaran dan pendidikan matematika, hasil ...