Pengembangan karir merupakan serangkaian upaya yang dilakukan oleh dosen untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman mereka. Pengembangan karir berkaitan erat dengan kepuasan kerja. Ketika dosen merasa bahwa mereka sedang mengembangkan karir mereka dan bekerja menuju tujuan mereka. Mereka cenderung lebih puas dan membantu mengurangi tingkat pemunduran  dan meningkatkan produktivitas dosen. Produktivitas dosen dibuktikan dengan menjalankan fungsi Dosen sebagai pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas  utama  mentransformasikan,  mengembangkan,  dan menyebarluaskan ilmu  pengetahuan  dan  teknologi  melalui  pendidikan, penelitian,  dan pengabdian kepada Masyarakat.  Kualitas Pendidikan tinggi  tidak dapat dipisahkan dari kualitas dosennya. Demikian juga dengan kualitas dosen akan menetukan kualitas lulusan. Penelilitian ini bertujuan untuk menganalisa strategi pengembangan karir dosen sebagai upaya retensi dan peningkatan kualitas Pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan kajian literatur atau riset kepustakaan. Hasil penelitian mengatakan bahwa bahwa dalam pengembangan karir dosen diperlukan strategi agar karir dosen dapat terus berkembang. dan mereka merasa sedang menuju tujuan mereka, sehingga mengurangi tingkat pemunduran dan menjadikan para dosen lebih termotivasi dan memiliki komitmen untuk terus belajar, beradabtasi dan terus berusaha mencapai potensi penuh dalam karir mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024