Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Project Based Learning dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi belajar siswa di MIN 1 Kota Jakarta Barat. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilakukan dalam tahapan siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas I dan IV. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kolaborasi siswa MIN 1 Kota Jakarta Barat dengan Project Based Learning ditandainya dengan indikator siswa lebih aktif mendengar, bersikap terbuka, menjaga komunikasi, siswa aktif dalam berkelompok di pemecahan masalah, adanya perubahan sikap siswa yang ditandai dengan iman dan taqwa, berakhlakul karimah, dan siswa lebih terkontrol dengan adanya kerja kelompok.
Copyrights © 2024