Salah satu unsur terpenting dalam proses kependidikan adalah pendidik, dipundak pendidik terletak tanggung jawab yang besar untuk mengantarkan anak didiknya kearah tujuan yang dicita-citakan, berhasil tidaknya lembaga pendidikan dalam membina anak didiknya tidak luput dari keberadaan pendidik yang memiliki kualifikasi pendidik yang baik disamping sikap dan karakternya. Sebagai sarana vital untuk membangun peradaban umat manusia maka Al-Qur’an banyak memuat tentang pendidik yang mampu mengarahkan anak didiknya pada ranah kehidupan yang lebih baik. Pendidik sebagai ujung tombak yang bisa merobah manusia baik dari aspek budaya, sosial, dan agama. Berkaitan dengan masalah diatas, penulis akan melakukan penelitian ini dengan berbagai sudut pandang yang diambil dari sumber utama dalam agama Islam yakni Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an banyak sekali membahas tentang pendidik. Metode penelitian ini menggunakan library research atau sering disebut dengan studi kepustakaan. Sedangkan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dimana peneliti hanya menjelaskan, menggambarkan dan menganalisis tentang hal-hal yang ada disekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai teori tentang konsep Pendidik atau pendidik dalam perspektif al- Qur'an. Kata Kunci : Pendidik, Perspektif Al-Qur'an
Copyrights © 2024