TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan
Vol 8 No 1 (2024): April

KONSEP PENDIDIK DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN

Dewita, Imel Putri (Unknown)
Ahmad, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2024

Abstract

Salah satu unsur terpenting dalam proses kependidikan adalah pendidik, dipundak pendidik terletak tanggung jawab yang besar untuk mengantarkan anak didiknya kearah tujuan yang dicita-citakan, berhasil tidaknya lembaga pendidikan dalam membina anak didiknya tidak luput dari keberadaan pendidik yang memiliki kualifikasi pendidik yang baik disamping sikap dan karakternya. Sebagai sarana vital untuk membangun peradaban umat manusia maka Al-Qur’an banyak memuat tentang pendidik yang mampu mengarahkan anak didiknya pada ranah kehidupan yang lebih baik. Pendidik sebagai ujung tombak yang bisa merobah manusia baik dari aspek budaya, sosial, dan agama. Berkaitan dengan masalah diatas, penulis akan melakukan penelitian ini dengan berbagai sudut pandang yang diambil dari sumber utama dalam agama Islam yakni Al-Qur’an. Dalam Al-Qur’an banyak sekali membahas tentang pendidik. Metode penelitian ini menggunakan library research atau sering disebut dengan studi kepustakaan. Sedangkan jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dimana peneliti hanya menjelaskan, menggambarkan dan menganalisis tentang hal-hal yang ada disekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai teori tentang konsep Pendidik atau pendidik dalam perspektif al- Qur'an. Kata Kunci : Pendidik, Perspektif Al-Qur'an

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tajdid

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

TAJDID merupakan jurnal pemikiran keislaman dan kemanusiaan. Frekuensi penerbitan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali dalam setahun setiap bulan April dan Oktober oleh LP2M IAI Muhammadiyah Bima. TAJDID akan menyajikan ide-ide yang up to date disertai dengan solusi-solusi yang relevan seputar pemikiran ...