Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
Vol. 5 No. 1 (2024): Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca (Maharah Al-Qiro’ah) Bahasa Arab Kelas V MI Darul Jannah Caringin, Bogor

Zaini Rahmawati, Zaini Rahmawati (Unknown)
Helmia Tasti Adri (Unknown)
Didin Syamsudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan keterampilan membaca (maharah al-qiro’ah) bahasa Arab kelas V MI Darul Jannah Caringin Bogor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian pre eksperiment one grup pretest-posttest, teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes berupa pretest dan posttest. Hasil dari penelitian ini terdapat nilai pretest dengan rata-rata (65,17), setelah dilakukan posttest dan analisis data pada hasil uji normalitas menggunakan program SPSS dengan uji normalitas Kolmogrov-Smirnov dan Shapiro-Wilk menyatakan data berdistribusi normal, dan pada hasil uji t-test yaitu 0,000 (0,000 < 0,05), maka Ho ditolak dan Ha di terima. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) memiliki pengaruh terhadap peningkatan ketermpilan membaca peserta didik, serta berdasarkan nilai rata-rata posttest (85,65) dan dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap peningkatan keterampilan membaca (maharah al-qiro’ah) bahasa arab MI Darul Jannah Caringin Bogor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tatsqifiy

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Tatsqify: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab is a peer-reviewed journal on Arabic education. This journal is published by Djuanda University Bogor. Editors welcome scholars, researchers and practitioners of Arabic Education around the world to submit scholarly articles to be published through this ...