Gandiwa Jurnal Komunikasi
Vol 4, No 1 (2024): Gandiwa Jurnal Komunikasi

Representasi Komunikasi Politik Jaket 'Top Gun' Ganjar-Mahfud Di Debat Pemilihan Presiden RI 2024

Ardha, Berliani (Unknown)
Susilowardhani, Erna Mariana (Unknown)
Restaty, Santa Margaretha Niken (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji representasi Komunikasi Politik Jaket 'Top Gun' Ganjar-Mahfud di Debat Pemilihan Presiden Republik Indonesia 2024. Dunia komunikasi politik adalah dunia yang penuh kontroversi, kreativitas, dan terkadang merupakan dunia manipulasi public. Barthes mengemukakan bahwa bentuk yang mampu menyampaikan makna, mitos adalah suatu sistem komunikasi yang spesifik. Simbol-simbol visual merupakan komponen utama komunikasi politik, dan maknanya semakin meningkat seiring dengan semakin dominannya media visual televisi serta media sosial sebagai sumber informasi politik. Citra visual memainkan peran sentral dalam membangun citra politik dan membangun komunikasi politik untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana fungsi simbol visual yang di maknai oleh public. Berdasarkan tinjauan literatur yang berkembang penelitian ini berpendapat bahwa bagaimana fungsi simbol visual dalam urusan publik. Pentingnya gaya busana saat muncul di hadapan public merupakan “fashion statement” mereka di debat ke tiga yang sesuai dengan tema serta menarik perhatian dari berbagai generasi. Ganjar dan Mahfud memakai jaket dari merek lokal Timechine Co dan sepatu merek lokal yaitu Exodos57. Fashion statement tersebut juga mencerminkan pada visi misi “Made in Indonesia” Meningkatkan kapasitas produksi dalam negeri untuk memenuhi kebutuhan domestik dan pertumbuhan industri nasional, serta menempatkan Indonesia pada posisi daya saing strategis di pasar global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

gandiwa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

GANDIWA Jurnal Komunikasi focuses on publishing articles in the form of assessments for all aspects including recent research reports, conceptual ideas, using qualitative and quantitative research methods approaches in the field of communication in various perspectives. The scope of this journal ...