cover
Contact Name
Mercy Lona Darwaty Ryndang Sriganda
Contact Email
mercy.lona@unindra.ac.id
Phone
+6287882146168
Journal Mail Official
jurnalgandiwa.unindra@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Gandiwa Jurnal Komunikasi
ISSN : 27985970     EISSN : 27985180     DOI : https://doi.org/10.30998/jg.v1i1
Core Subject : Education,
GANDIWA Jurnal Komunikasi focuses on publishing articles in the form of assessments for all aspects including recent research reports, conceptual ideas, using qualitative and quantitative research methods approaches in the field of communication in various perspectives. The scope of this journal includes media studies: Media, Culture and Society: Journalism, Media Studies, Media Policy, Media Literacy, New Media Studies, Economy Political Media, Media Ethics. Strategic Communications: Strategic Communications Management, Social Marketing, Digital Marketing, Political Marketing, Political Campaign, Public Relation.
Articles 53 Documents
Mural sebagai Media Penyampai Pesan Sosial Bagi Masyarakat dalam Perspektif Semiotika Charles Sanders Pierce Fenti Mariska Yohana
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 1, No 2 (2021): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (878.987 KB) | DOI: 10.30998/g.v1i2.886

Abstract

Abstrak Perubahan sosial adalah perubahan perilaku, hubungan sosial, lembaga, dan struktur sosial pada waktu tertentu. Hampir semua negara berkembang memiliki masalah internal negara, seperti masalah ekonomi, politik, kesejahteraan masyarakat, dan lain sebagainya. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang memiliki permasalahan yang sama dan cenderung rumit. Salah satu contoh masalah yang terus menjadi polemik di Indonesia khususnya di kalangan pejabat negara adalah korupsi. Karena itu perlu adanya sebuah media yang komunikatif dan efektif dalam menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut. Seni mural adalah seni gambar yg menggunakan media tembok atau dinding. Selain mempunyai nilai estetik yg bisa memperindah kota, mural juga adalah galat satu media yg efektif buat memberikan sebuah pesan sebagai akibatnya dapat dipergunakan sang warga menjadi media buat menyalurkan aspirasi sebab melalui seni mural sosialisasi yang dilakukan diperlukan akan lebih komunikatif buat masuk ruang publik. Melalui pesan yg ditampilkan pada lukisan di dinding-dinding ruang publik, dibutuhkan rakyat yang melihat iklan tersebut bisa memperoleh informasi. Dalam menganalisis lebih jauh mural-mural yang terdapat ditembok luar lapangan Bhayangkara, peneliti menganalisis berdasar teori semiotik Peirce dimana tanda dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya yakni cara berfungsi hubungan diantaranya dengan tanda-tanda lain pengirimannya dan penerimaannya oleh mereka yang menggunakannya. Seni mural menjadi media penyampaian aspirasi masyarakat Selain berfungsi buat menyampaikan suasana baru di pada kota, visualisasi mural berdampak lain pada. pemirsanya, yakni memberikan pendidikan sosial dan pembelajaran ilham-pandangan baru tentang kesenirupaan. Selain pembelajaran ilham-pandangan baru ihwal kesenirupaan di pada mural bisa dimunculkan pandangan baru-wangsit perihal mural menjadi media aspirasi masyarakat. Sebuah karya seni mural, jika telah dipublikasikan di ruang publik maka seni mural tersebut akan menjadi sesuatu yang obyektif. Pemaknaan atas karya seni itu sepenuhnya ada di tangan para pembaca, orang yang kemudian lalang dan yg sempat atau yg tidak sempat menafsir, sehingga seolah-olah karya itu telah lepas berasal tangan perupanya. Kata kunci: Mural, Media Penyampai, Semiotika Peirce
Analisis Elemen Visual Kemasan Indomie Goreng Edisi Ramadhan dalam Tinjauan Komunikasi Pemasaran Nurhablisyah Nurhablisyah
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 1, No 1 (2021): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (546.021 KB) | DOI: 10.30998/g.v1i1.692

Abstract

Pada Maret 2021, Indomie mengeluarkan tampilan kemasan yang berbeda dari biasanya. Ilustrasi utama dalam kemasan itu adalah piring kosong bewarna hitam dengan teks “Selamat Menunaikan Ibadah Puasa,” di tengah piring. Informasi ini pertama kali diumumkan di media sosial resmi Indomie dan menjadi viral. Beberapa situ daring nasional dan lokal juga memberitakan hal tersebut. Keputusan Indomie untuk merubah tampilan kemasan tidak terlepas dari strategi komunikasi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis elemen visual kemasan indomie goreng edisi Ramadhan dalam tinjauan komunikasi pemasara. Ada tiga fungsi utama kemasan, pertama adalah sebagai pelindung produk di dalamnya, kedua adalah sebagai identitas merek dan produk, ketiga sebagai bagian strategi komunikasi perusahan menyampaikan pesan-pesan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap perubahan kemasan Indomie menjelang Ramadhan. Data yang diperoleh didapat dari studi kepustakaan dan observasi di media sosial serta toko waralaba di sekitar Jakarta dan Bogor.  Melalui elemen visual kemasan yang terbagi menjadi dua, elemen primer dan sekunder, mi instan ini berusaha menjadi berbeda namun tetap tidak meninggalkan identitasnya. Elemen visual kemasan primr terdiri dari informasi merek (nama dan tanda perusahaan), bentuk dan bahan kemasan, informasi terkait produk di dalamnya seperti label halal, nomor  registrasi BPOM, komposisi, nilai gizi, waktu kedaluwarsa dan sebagainya. Sementara elemen sekunder terdiri dari warna, grafis, ilustrasi foto maupun gambar, teks dan tata letak. Jika elemen desain kemasan diintergrasikan secara maksimal bersama strategi pemasaran maka besar kemungkinannya untuk meningkatkan reputasi  merek dan penjualan produk.Keywords: Marketing Communication, Indomie packaging, Ramadhan
Sinergi Informasi Pemerintah Melalui Komunikasi Publik Dalam Penanganan Pandemi Virus Covid-19 Di Indonesia Imaddudin Imaddudin; Annisa Eka Syafrina
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 2, No 1 (2022): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.2 KB) | DOI: 10.30998/g.v2i1.1045

Abstract

Penanganan virus pandemi COVID-19. yang terjadi bila diperlukan sinergi antara informasi pemerintah pusat dan daerah melalui komunikasi publik yang efektif dan tepat guna dengan rencana strategis sebagai pedoman komunikasi akan diterapkan di semua elemen. Tujuan pengkajian adalah untuk mengetahui sinergi informasi pemerintah melalui komunikasi publik dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia. Penelitian dengan pendekatan kualitatif melalui observasi dan analisis terhadap isi informasi yang tersebar di media publikasi. Hasil penelitian menunjukkan sinergi informasi pemerintah pusat dan daerah melalui komunikasi publik perlu dibarengi dengan keterampilan komunikasi yang memiliki peran dan fungsi secara sistematis, masif dan terstruktur berdasarkan rencana strategis sebagai dasar strategi komunikasi publik yang akan diterapkan oleh pemerintah pusat dan daerah. pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19. Komunikasi publik sebagai sarana untuk mensinergikan informasi antara kebijakan pemerintah pusat dan daerah perlu dibarengi dengan analisis permasalahan yang terjadi di beberapa contoh negara lain yang terkena dampak sebagai bahan kajian pemecahan masalah. Selain itu, dokumen dengan arah yang jelas sebagai petunjuk teknis baik kesehatan maupun non kesehatan dalam percepatan penanganan. Sistem birokrasi yang dinamis serta pesan optimisme dan positif dalam membangun kepercayaan publik, sehingga penanganan pandemi ini akan lebih cepat dan komprehensif.
Strategi Komunikasi Bisnis PT. Grab Indonesia dalam Menghadapi Krisis Pandemi Corona Dian Handayani
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 1, No 1 (2021): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (957.585 KB) | DOI: 10.30998/g.v1i1.698

Abstract

Dampak virus corona sangat berpengaruh besar bagi masyarakat berpenghasilan harian. Salah satu yang paling terdampak adalah driver ojek online. Dimasa pandemi corona management Grab melakukan beberapa strategi dalam mengantisipasi berkurangnya penghasilasilan akibat aktifitas warga banyak yang dilakukan di rumah. Komunikasi bisnis yang dilakukan oleh PT Grab dilakukan dalam beberapa media komunikasi yang dalam penyampaian pesan terkandung komunikasi bisnis dan pesan sosial terhadap pencegahan virus corona. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, secara metodologis penelitian ini dilakukan lewat kajian pustaka yang disari dari buku-buku, tulisan di jurnal, news dan tulisan dalam website yang terkait dangan masalah komunikasi bisnis yang dilakukan PT. Grab Indonesia selama pandemi corona. Dalam mengkomunikasikan pesan bisnis yang dilakukan oleh Grab Indonesia baik melalui website perusahaan, news, media sosial maupun aplikasi pelanggan dan mitra, jika dianalisa menggunakan teori dari Murphy dan Hildebrandt (1991: 78) tentang 7 prinsip yang harus dipegang saat melakukan komunikasi bisnis yaitu completness, conciseness, concretness, consideration, clarity, courtesy, correctness semua prinsip telah dilakukan. Selama masa pandemi corona pesan yang disampaikan juga mendukung kegiatan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona
Kreatif Pesan Kampanye Sosial #NikahkanMaskerVaksin Sebagai Upaya Pengendalian Pandemi Covid 19 Khikmah Susanti; Atiek Nur Hidayati
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 1, No 2 (2021): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.727 KB) | DOI: 10.30998/g.v1i2.921

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan kampanye sosial #NikahkanMaskerVaksin yang dilakukan oleh Gerakan Pakai Masker. Gerakan Pakai Masker adalah Komunitas Sosial yang independen yang memiliki perhatian terhadap kesehatan dan ekonomi masyarakat selama Pandemi Covid 19. Kampanye #nikahkanmaskervaksin dilaksanakan di berbagai media massa dan pesan kampanye disesuaikan dengan media-media tersebut. Dalam artikel ini fokus pada pesan kampanye yang disebarkan melalui media sosial Instagram. Pesan Kampanye akan dianalisis berdasarkan spesifikasi kualitas pesan kampanye Charles. K. Atkins dan Ronald E. Rice. Hasilnya pesan kampanye #NikahkanMaskerVaksin memenuhi kredibilitas sumber pesan, gaya dan ide pesan, materi pesan, penafsiran pesan dan motivasi pesan. Dengan berjalannya kampanye sosial #NikahkanMaskerVaksin maka masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya penggunaan masker dan melakukan vaksinasi.Kata Kunci: Kreatif Pesan, Kampanye Sosial, #NikahkanMaskerVaksin, Pandemi Covid 19
Persepsi mahasiswa Tentang Efektivitas Komunikasi Pengajaran Jarak Jauh Darurat di Masa Pandemi Galuh Raga Paksi; Rita Karmila Sari
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 1, No 1 (2021): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.407 KB) | DOI: 10.30998/g.v1i1.695

Abstract

Pandemi covid 19 memaksa pemerintah membuat kebijakan sekolah dan kampus untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh darurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang efektivitas komunikasi pengajaran jarak jauh darurat di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap efektivitas komunikasi pengajaran jarak jauh darurat yang tercermin dalam angket kuesioner yang mereka isi. Untuk mendapatkan data penelitian, kuesioner disebar kepada 100 mahasiswa DKV Unindra yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas mahasiswa tidak puas dengan pengajaran jarak jauh darurat yaitu 13% menjawab sangat tidak puas dan 43% menjawab tidak puas. Dari sisi efektivitas komunikasi, mahasiswa tidak setuju pengajaran jarak jauh darurat berdampak postitif terhadap komunikasi antara dosen dan mahasiswa dengan presentase 50% menjawab tidak setuju dan 4% sangat tidak setuju. Dalam hal partisipasi, mahasiswa setuju bahwa pembelajaran jarak jauh darurat mendorong mereka untuk lebih terlibat dalam kelas dengan presentase 6% sangat setuju dan 64% setuju. Dalam hal penguasaan keahlian berbahasa mahasiswa, mahasiswa setuju pembelajaran jarak jauh darurat membuat pelajaran membaca (reading) Bahasa Inggris menjadi lebih menarik yaitu dengan presentase sangat setuju 3% dan setuju 52%.  Begitu juga untuk menyimak (listening), mayoritas responden setuju bahwa pembelajaran jarak jauh darurat membuat pelajaran menyimak (listening) Bahasa Inggris menjadi lebih menarik dengan presentase sangat setuju 5%, setuju 49%. Untuk keterampilan berbicara (speaking), kebanyakan mahasiswa tidak setuju terhadap pernyataan bahwa pembelajaran jarak jauh darurat meningkatkan kemampuan berbicara mereka dengan presentase tidak setuju 54%, dan sangat tidak setuju 5%. Selain itu mereka juga tidak setuju bahwa pembelajaran jarak jauh darurat membuat pelajaran menulis (writing) menjadi lebih menarik dengan presentase tidak setuju 43%, dan sangat tidak setuju 4%. Untuk hal kepercayaan diri, mahasiswa setuju pengajaran jarak jauh darurat membuat mereka lebih percaya diri dalam komunikasi di kelas, dengan presentase sangat setuju 10%, dan setuju 47%.
Komunikasi Efektif Dalam Membangun Strategi Customer Relationship Management Fadiyah Zahra; Iwan Sukoco; Lina Auliana; Cecep Barkah
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 2, No 1 (2022): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (301.933 KB) | DOI: 10.30998/g.v2i1.1074

Abstract

Komunikasi adalah hal penting yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, begitupun saat manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Perkembangan dunia bisnis dalam globalisasi ekonomi mebuat perusahaan takut akan konsumennya berpindah kepada perusahaan lainnya. Saat ini, dengan penyebaran informasi yang cepat, para konsumen lebih cepat berpindah ke merek produk atau jasa lainnya. Dalam perusahaan perlu adanya komunikasi antar elemen perusahaan dan juga konsumen perusahaan. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan strategi customer relationship management yang bertujuan untuk membangun dan menjalin hubungan antara perusahaan dan konsumen. Kunci dari kesuksesan perusahaan adalah komunikasi yang baik antar internal perusahaan dan juga komunikasi dengan eksternal perusahaan agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik dan dapat menggapai tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi efektif dalam membangun strategi customer relationship magamenent. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode literatur review dengan cara mengumpulkan, membaca, memahami, dan menganalisis artikel jurnal yang berhubungan dengan penelitian ini.
Dampak Pandemi Terhadap Komunikasi Pemasaran Penjual Online Shop di Media Sosial Instagram Ananda Nurul Fauziyah; Annisya Maharani Dewi; Nur Aulia Rahman; Muhammad Rizki Mukhlis Mubarrok; Rayhan Rimosan Kamal Putra
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 1, No 2 (2021): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.964 KB) | DOI: 10.30998/g.v1i2.880

Abstract

This research is motivated by the changes of marketing communication between online shop sellers and customers in the pandemic era. The discussed issue is the form of marketing communication used by online shop sellers to attract customers especially in the pandemic era. The methods used in this article are literature review and distributing questionnaires to online shop sellers that are using Instagram as their selling platform. The purpose of this study is to analyze the changes of online shop seller marketing communication on selling their products in the pandemic era. Based on the results, it was found there were changes of selling media from offline to online that requires the sellers who sell on Instagram to understand the communication technology of the social media. There are still some shop owners who have not understood the concept of communication technology on social media, for example Instagram algorithm. The communication on Instagram is going smoothly because it’s recorded that most respondents said 63,3% agree, 26,7% very much agree, and 10% disagree. The changes from selling offline to online trigger the changing of communication between sellers and the customers. Online shop owners use the social media platform not only for selling products, but they must give benefits such as interesting contents that are capable of attracting customers to stay and feel comfortable by the services from the online shop owners. Keywords: Marketing communication, Online shop, PandemicABSTRAKKajian ini dilatarbelakangi oleh perubahan bentuk komunikasi pemasaran yang terjadi antara penjual online shop kepada konsumen selama masa pandemi. Masalah yang dibahas adalah bentuk komunikasi pemasaran seperti apa yang digunakan penjual online shop untuk menarik konsumen terutama di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan kajian literatur dan penyebaran kuisioner kepada penjual online shop yang menggunakan media sosial Instagram sebagai platform penjualan. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis perubahan perilaku komunikasi pemasaran oleh penjual online shop dalam memasarkan barang dagangannya selama masa pandemi. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa adanya peralihan media penjualan dari offline ke online mengharuskan para penjual selaku pelaku usaha yang berjualan di media sosial Instagram memahami teknologi komunikasi media sosial tersebut. Masih ada beberapa penjual yang belum memahami konsep teknologi komunikasi pada media sosial Instagram, seperti algoritma Instagram. Komunikasi yang dilakukan di media sosial Instagram dapat dikatakan lancar karena tercatat hasil terbanyak adalah 63,3% setuju, 26,7% sangat setuju, dan 10% tidak setuju. Adanya peralihan dari berjualan offline ke online ini menimbulkan terjadinya perubahan komunikasi antara penjual dengan konsumen. Para pedagang online shop tidak hanya sebatas memanfaatkan platform media sosial untuk berjualan saja, tetapi mereka juga harus memberikan manfaat, konten-konten positif dan juga menarik agar para konsumen merasa betah dan nyaman dengan layanan yang diberikan oleh penjual online shop. Kata kunci: Komunikasi pemasaran, Online shop, Pandemi  
Analisis Foto Cerita Menanti Petir Siang Bolong Karya Angger Timur Wulandari Wulandari
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 2, No 1 (2022): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (798.184 KB) | DOI: 10.30998/g.v2i1.1077

Abstract

Dalam berkomunikasi kini tidak hanya dengen sekedar kata-kata tetapi juga bisa menggunakan foto. Tema foto yang diangkat pun bisa tentang kehidupan seseorang, aktivitas keseharian, perjalanan, budaya, bahkan makanan. Membawa sebuah kisah dalam bentuk foto maka diperlukan elemen foto cerita yang saling mendukung. Karya foto cerita Angger Timur berjudul Menanti Petir Siang Bolong membahas tentang sebuah makanan tradisional yaitu tongseng dan sate kambing yang disandingkan dengan narasi. 10 karya foto Angger yang ada di akun Instagramnya akan dianalisis dengan metode kualitatif menggunakan pendekatan elemen foto cerita dan komposisi fotografi. Tujuannya adalah untuk melihat bagaimana pola elemen cerita yang digunakan Angger dalam membuat foto cerita tersebut serta komposisi yang digunakan. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi referensi bagi para fotografer yang akan membuat foto cerita terutama yang mengambil tema tentang makanan serta sebagai pengetahuan baru dalam penyusunan elemen sebuah foto cerita. 
Elemen-elemen Iklan dalam Menyampaikan Pesan Komunikasi Iklan XL Berjudul 'Pesan Untuk Raka' Edo Galasro Limbong
GANDIWA Jurnal Komunikasi Vol 1, No 1 (2021): Gandiwa Jurnal Komunikasi
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.856 KB) | DOI: 10.30998/g.v1i1.694

Abstract

Kreativitas merupakan suatu hal yang dibutuhkan dalam sebuah tayangan iklan, terlebih dalam tayangan iklan dalam bentuk audio-visual atau biasa disebut video. Kreativitas tersebut akan membuat khalayak merasa ingin menonton tayangan iklan tersebut. Selain ide cerita yang menarik, maka diperlukan juga suatu daya tarik untuk memaksimalkannya. Salah satu daya tarik dalam iklan adalah daya tarik emosional yang digunakan pada tayangan iklan XL yang berjudul PESAN UNTUK RAKA. Sehingga dengan menggunakan daya tarik emosional ini, iklan XL tersebut memberikan pesan komunikasi yang berkaitan dengan pandemi COVID 19 dan usaha yang telah dilakukan para tenaga kesehatan di Indonesia. Hal-hal tersebut disampaikan melalui ekspresi wajah, hingga kata-kata yang diucapkan dan ditampilkan dalam tayangannya. Iklan ini dikemas berupa short movie dalam waktu 8 menit 46 detik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjabarkan berbagai elemen iklan yang dapat digunakan dalam menyampaikan pesan komunikasi pada suatu tayangan iklan milik XL Axiata tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif serta teknik pengumpulan data pada penelitian melalui studi pustaka atau dokumen yang dikumpulkan dari berbagai sumber yang ada di dalam buku hingga platform media sosial