JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 8 No. 4: September 2024

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERUPA KARTU DOMINO PADA MATERI KEGIATAN EKONOMI KELAS V SEKOLAH DASAR

Yunita Sari (Universitas PGRI Palembang)
Farizal Imansyah (Universitas PGRI Palembang)
Anggria Septiani Mulbasari (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penggunaan bahan ajar yang tepat untuk pembelajaran IPS sangat penting agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Salah satu  bahan ajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS adalah kartu domino. Akan tetapi saat ini belum ada media kartu domino untuk pembelajaran IPS khususnya pada materi kegiatan ekonomi kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian Research And Development (R&D) penelitian ini menggunakan model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui validasi, angket kepraktisan peserta didik, dan tes hasil belajar. Pada tahap pengembangan dilakukan proses validasi oleh para ahli. Dari hasil analisis data menunjukan bahwa media pembelajaran IPS berupa kartu domino yang telah dikembangkan dalam kategori œSangat Valid berdasarkan lembar angket validasi 3 ahli untuk validasi materi, media dan bahasa dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 81%. Nilai kepraktisan media pembelajaran IPS berupa kartu domino yang dikembangkan dengan kategori œSangat Praktis berdasarkan dari hasil angket respon peserta didik dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 84%.  Sedangkan efektifitas  media pembelajaran IPS berupa kartu domino yang dikembangkan dengan kategori œSangat Efektif dengan memperoleh nilai rata-rata 85%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berupa kartu domino yang pada materi kegiatan ekonomi kelas V SD layak untuk digunakan. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...