Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi serta respon siswa terhadap pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi kelas XII IPS 1 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. Metode yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang akan dianalisis adalah berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dilaksanakan dalam 3 (tiga) tahapan yaitu Pertama, Perencanaan pembelajaran dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan pemilihan metode pembelajaran. Kedua, Pelaksanaan pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi menggunakan lagu “ dua mata saya “ dan lirik lagu tersebut di ubah menjadi rangkaian kaidah materi macam-macam khobar. Ketiga, Evaluasi pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi dilaksanakan secara lisan dan tulisan berupa soal tanya jawab dan soal ujian harian. Sedangkan untuk hasil penelitian terkait respon siswa terhadap pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi adalah sebagian besar siswa kelas XII IPS 1 di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan dengan angka presentase 90.9% menyatakan sangat setuju bahwa pelaksanaan pembelajaran nahwu berbasis metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang sangat menyenangkan, tidak membosankan, dan materi yang disampaikan lebih mudah dipahami sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Copyrights © 2024