Diketahui tidak semua tenaga kependidikan di Universitas Muhammadiyah Jember menjalankan kinerjanya dengan baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja melalui kompetensi sebagai variabel intervening pada tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah dari Jember. Populasi yang diteliti terdiri dari tenaga kependidikan administrasi umum yang berjumlah 74 orang di Universitas Muhammadiyah Jember. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah kuantitatif dan menggunakan teknik sampling jenuh Nonprobability sampling dengan menggunakan pengumpulan data kuesioner dari responden yang dianalisis menggunakan Warppls 8.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pelatihan, motivasi, dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kompetensi tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Variabel pelatihan, motivasi, dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Variabel kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Variabel pelatihan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja melalui kompetensi tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Jember. Variabel motivasi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja melalui kompetensi tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Jember.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024