JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics)
Vol 7 No 1 (2024): Januari

Analysis of Travel Ticket Booking Application Services Based on Supporting Factors for Purchase Intention

Purba, Mariana (Unknown)
Dianing Asri, Sri (Unknown)
Noprisson, Handrie (Unknown)
Utami, Marissa (Unknown)
Iryani, Lemi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Aplikasi pemesanan tiket perjalnan ini harus memiliki kualitas dari segi perspektif produk agar dapat meningkatkan purchase intention oleh pengguna. Purchase intention dari layanan aplikasi dapat dilihat dari beberapa faktor antara lain usabilitas (usability), harga (price), kemudahan penggunaan (ease of use), complementarity dan hiburan (entertainment). Penelitian ini akan mengusulkan model penelitian untuk identifikasi kualitas layanan aplikasi online travel booking berdasarkan perspektif produk untuk meningkatkan purchase intention berdasarkan analisis dataset yang dikumpulkan dari sampel responden. Dari hasil pengumpulan data, dari total 1267 kuesioner yang dikumpulkan hanya memperoleh 1029 kuesioner yang valid. Model diuji menggunakan skor tingkat signifikan two-tails sebesar 0,05 untuk pengujian hipotesis. Menurut analisis data, faktor complementary memiliki pengaruh terbesar purchase intention dengan nilai uji-t sebsar 6,771. Selain itu, faktor entertainment memiliki pengaruh terbesar kedua dengan t-nilai 5.334. Faktor usability memiliki pengaruh terhadap purchase intention terbesar ketiga nilai uji-t 4.620. Faktor ease of use memiliki pengaruh terbesar keempat dengan nilai uji-t 3.641.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSAI

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal terbitan dibawah fakultas teknik universitas muhammadiyah bengkulu. Pada jurnal ini akan membahas tema tentag Mobile, Animasi, Computer Vision, dan Networking yang merupakan jurnal berbasis science pada informatika, beserta penelitian yang berkaitan dengan implementasi metode dan atau ...