Pengabdian masyarakat bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang kewirausahaan berbasis ekonomi kepada masyarakat. Melalui pelaksanaan sosialisasi yang telah dilakukan dengan baik, peserta diberikan pengetahuan tentang langkah-langkah membuat kewirausahaan sehingga terbentuk kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Metode penyuluhan yang interaktif dan partisipatif digunakan untuk mengajak peserta aktif terlibat dalam sosialisasi. Sebelum sosialisasi, peserta mengisi kuesioner untuk mengukur pemahaman dan minat mereka terkait kewirausahaan. Hasil kuesioner tersebut menjadi dasar evaluasi awal untuk mengetahui tingkat pengetahuan sebelum sosialisasi dilakukan. Setelah sosialisasi, peserta diminta untuk mengisi kuesioner yang sama guna mengevaluasi perubahan pemahaman dan minat untuk punya visi bisnis. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta tentang menjadi pengusaha yang mandiri, yang merintis usaha bisnisnya dari bawah. Evaluasi ini memberikan indikasi bahwa sosialisasi kewirausahaan berbasis ekonomi telah memberikan dampak positif pada peserta dalam meningkatkan pola pikir serta gagasan atau ide dalam berwirausaha. Sebagai langkah lanjutan, perlu dilakukan pemantauan dan evaluasi secara berkala untuk memastikan keberlanjutan pemahaman yang telah ditingkatkan oleh peserta. Kolaborasi dengan pihak terkait seperti pihak desa atau kecamatan dan dinas sosial juga dapat memperkuat kiat-kiat sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan menjadi enterpreneur.
Copyrights © 2024