Journal Of Human And Education (JAHE)
Vol. 4 No. 5 (2024): Journal of Human And Education (JAHE)

Profil Stres Akademik Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo menggunakan Student Stres Inventory

Oktavia, Dira Ayunanda (Unknown)
Setiawati, Denok (Unknown)
Mardiningsih, Indah Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat stres peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Taman Sidoarjo menggunakan instrumen Student Stress Inventory. Desain penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis dengan uji normalitas teknik statistik deskriptif. Instrumen yang digunakan melibatkan 40 butir item pertanyaan terkait beberapa aspek stres yang dialami peserta didik. Populasi penilaian melibatkan seluruh peserta didik kelas VII dengan sampel sebanyak 118 yang terdiri dari 56 peserta didik laki-laki (47,5%) dan 62 peserta didik perempuan (52,5%) yang diambil dengan teknik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 39,8% peserta didik mengalami tingkat stres rendah, 58,5% peserta didik berada ditingkat stres sedang dan 1,7% peserta didik mengalami stres berat. Peserta didik perempuan cenderung mengalami tingkat stres lebih tinggi dari pada peserta didik laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukkan perlunya intervensi bimbingan dan konseling yang lebih spesifik dan dukungan sosial yang memadai dari lingkungan sekolah dan keluarga untuk membantu peserta didik memanajemen stres dengan lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jahe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal of Human And Education (JAHE) merupakan wadah penerbitan naskah ilmiah terbaik mengenai kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat. Naskah ini diharapkan dapat memuat berbagai kegiatan dalam menghadapi dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan dan permasalahan yang ada di masyarakat ...