Jurnal Sosial Humaniora Sigli
Vol 7, No 1 (2024): Juni 2024

EVOLUSI PENGETAHUAN: JEJAK SEJARAH, KLASIFIKASI, DAN STRATEGI PERKEMBANGAN

Latifa, Asma (Unknown)
Fitrisia, Azmi (Unknown)
Fatimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas evolusi pengetahuan melalui sejarahnya, serta klasifikasi dan strategi perkembangan yang terjadi dalam berbagai cabang ilmu. Dengan latar belakang perkembangan ilmu pengetahuan dari masa ke masa, penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana pengetahuan manusia telah berkembang dari zaman primitif hingga zaman modern, serta bagaimana klasifikasi ilmu dan strategi perkembangannya memengaruhi pola evolusi pengetahuan. Metode penelitian melibatkan analisis historis terhadap literatur dan dokumen yang relevan, serta penelusuran terhadap perkembangan konsep dan teori dalam berbagai disiplin ilmu. Hasilnya menunjukkan bahwa evolusi pengetahuan tidak hanya mengikuti pola linier, tetapi juga dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara faktor internal dan eksternal. Klasifikasi ilmu dan strategi perkembangan memainkan peran penting dalam mengarahkan evolusi pengetahuan, dengan memberikan kerangka kerja untuk pengembangan lebih lanjut serta mempengaruhi arah penelitian dan inovasi. Penulis menyimpulkan bahwa pemahaman yang mendalam tentang sejarah, klasifikasi, dan strategi perkembangan ilmu pengetahuan merupakan kunci untuk meramalkan dan membentuk masa depan pengetahuan manusia.Kata kunci: Evolusi pengetahuan; sejarah; klasifikasi ilmu; strategi perkembangan; analisis historis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSH

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Sosial dan Humaniora Sigli, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Pendidikan, keguruan, hukum, administrasi negara dan ilmu Sosial lainnya diterbitkan secara berkala 6 bulanan. JSH diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Jabal Ghafur dengan ...