Penelitian ini membahas pentingnya konsentrasi belajar dalam pendidikan serta tantangan yang dihadapi peserta didik dalam mempertahankan konsentrasi. Pelatihan meditasi Anapanassati dipilih sebagai pendekatan untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental dengan pendekatan kuasi-eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui empat pertemuan dengan peserta didik dari tiga kelas yang berbeda di SMB Vihara Guna Vijaya Tanjungpinang. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam konsentrasi belajar peserta didik, meskipun menghadapi beberapa tantangan seperti absensi dan penyesuaian dengan teknik meditasi. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kinerja akademik peserta didik tetapi juga membantu mereka mengelola stres dan tekanan dengan lebih baik. Kesimpulannya, pelatihan meditasi Anapanassati merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar dan kesejahteraan psikologis peserta didik di SMA/SMK.
Copyrights © 2024