DEDIKASI PKM
Vol. 5 No. 3 (2024): DEDIKASI PKM UNPAM

Pelatihan Meditasi Anapanassati untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Reguler SMA/SMK di SMB Vihara Guna Vijaya Tanjungpinang

Dewi, Prajna (Unknown)
Utami, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini membahas pentingnya konsentrasi belajar dalam pendidikan serta tantangan yang dihadapi peserta didik dalam mempertahankan konsentrasi. Pelatihan meditasi Anapanassati dipilih sebagai pendekatan untuk meningkatkan konsentrasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimental dengan pendekatan kuasi-eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui empat pertemuan dengan peserta didik dari tiga kelas yang berbeda di SMB Vihara Guna Vijaya Tanjungpinang. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam konsentrasi belajar peserta didik, meskipun menghadapi beberapa tantangan seperti absensi dan penyesuaian dengan teknik meditasi. Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kinerja akademik peserta didik tetapi juga membantu mereka mengelola stres dan tekanan dengan lebih baik. Kesimpulannya, pelatihan meditasi Anapanassati merupakan metode yang efektif dalam meningkatkan konsentrasi belajar dan kesejahteraan psikologis peserta didik di SMA/SMK.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DKP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan ...