DEDIKASI PKM
Vol. 5 No. 3 (2024): DEDIKASI PKM UNPAM

Application of Local Creative Value Exercises in Increasing Human Resources And Sales of Naviza Ikat Weaning Msmes, Jepara, Central Java

Sugiyanto Sugiyanto (Universitas Pamulang)
E Nurzaman (Universitas Pamulang)
Rachmat Kartolo (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2024

Abstract

Tenun Troso Jepara dihasilkan dengan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), yang menghasilkan kain bernilai tinggi dibandingkan dengan Alat Tenun Mesin (ATM) karena prosesnya memerlukan waktu lebih lama, sekitar satu hingga tiga hari (Sumber pelaku UMKM 2024). Kewirausahaan berperan penting dalam pembangunan ekonomi, dan pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mendukung UMKM dalam mengembangkan SDM dan pemasaran menggunakan teknologi digital melalui marketplace. UMKM Navaza Tenun Ikat Jepara menjadi pionir dalam pemasaran digital untuk meningkatkan pendapatan. Meski tidak semua pelaku bisnis terbiasa dengan teknologi digital, tren ini diminati konsumen di era Society 5.0. Teknologi digital memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan UMKM ATBM dengan memudahkan promosi dan transaksi. Persaingan bisnis yang ketat menuntut pelaku usaha untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Kegiatan pengabdian ini meliputi pelatihan, pendampingan, dan bimbingan dalam pengembangan SDM dan pemasaran melalui teknologi digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pengembangan Tenun Troso perlu memperhatikan aspek industri, teknologi, SDM, institusi, dan keuangan. Aspek institusi dapat memitigasi masalah yang dihadapi pelaku UMKM Naviza Tenun Ikat, Jepara. Pengembangan SDM dan strategi pemasaran berbasis teknologi juga penting untuk meningkatkan pendapatan UMKM tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

DKP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Artikel luaran PKM Prodi Manajemen Universitas Pamulang adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan 3 edisi dalam setahun yaitu pada bulan Januari, Mei dan September oleh Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang. Terbit sejak bulan Januari tahun 2020. Fokus kajian jurnal ini adalah berkaitan ...