Jurnal Informatika Polinema (JIP)
Vol. 10 No. 3 (2024): Vol. 10 No. 3 (2024)

Design Thinking: Pengembangan Prototype Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Berbasis Web

Maulidya Effendi, Pradita (Unknown)
Herlambang Cahya Pratama, Yudha (Unknown)
Hafidz, Mohammad Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Desain UI/UX menjadi tahapan penting untuk mengidentifikasi kenyamanan dan kemudahan pengguna ketika akan menggunakan sebuah sistem. Desain antarmuka sistem yang menarik dan sesuai dengan preferensi pengguna dapat meningkatkan keberlanjutan penggunaan sistem. Saat ini, semakin banyak sistem yang dibuat hanya melibatkan fungsional tanpa mempertimbangkan kemudahan dan kenyamanan pengguna, seperti halnya pada aplikasi evaluasi pembelajaran di perguruan tinggi. Aplikasi dengan navigasi yang rumit dan tata letak tidak beraturan membuat pengguna enggan untuk mengeksplorasi lebih dalam kaitannya dengan fitur-fitur pada aplikasi. Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas saat ini masih mengandalkan Ms.Excel dalam mencatat hasil evaluasi pembelajaran, dimana hal tersebut mengakibatkan terbatasnya akses secara real-time terhadap semua stakeholder. Namun, agar aplikasi evaluasi pembelajaran dapat digunakan secara keberlanjutan, maka pada penelitian ini dibuatlah sebuah prototipe aplikasi evaluasi pembelajaran di perguruan tinggi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan perguruan tinggi. Pembuatan prototipe ini menggunakan pendekatan design thinking dengan lima tahapan, yakni empathize, define, ideate, prototype, dan test. Pendekatan ini melibatkan wawancara mendalam terhadap Ketua Program Studi, Dosen, dan Mahasiswa, dimana ketiga peran ini merupakan user persona yang digunakan pada penelitian. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengguna dan desain wireframe yang telah dibuat, dihasilkan 10 (sepuluh) prototipe yang terdiri atas fitur login, dashboard, master data, kelola akun, bank soal, laporan evaluasi, leaderboard, hasil CPL, dan logout/session. Prototipe tersebut selanjutnya diuji menggunakan metode usability testing, yang menunjukkan hasil peningkatan pada aspek efektifitas meningkat 9,34%, efisiensi meningkat 14,25%, dan kepuasan pengguna meningkat 17,21%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Library & Information Science

Description

The focus and scope of articles published in JIP (Journal of Informatics Polinema) encompasses the game technology, information system, computer network, computing, which covers the following scope: Game Technology Artificial Intelligence Intelligent System Machine Learning Image Processing Computer ...