Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas 5 SDN 054901 Sidomulyo, Kecamatan Stabat, terhadap materi Asmaul Husna melalui penerapan metode Problem Based Learning (PBL). Metode PBL dipilih karena mampu mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses belajar, berpikir kritis, dan mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas 5 yang diobservasi selama proses pembelajaran. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes pemahaman siswa sebelum dan sesudah penerapan PBL. Analisis data dilakukan dengan membandingkan nilai tes sebelum dan sesudah tindakan, serta menganalisis hasil observasi untuk melihat perkembangan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode PBL dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Asmaul Husna. Rata-rata nilai tes siswa meningkat dari 65 pada pra-tindakan menjadi 85 pada siklus kedua. Selain itu, tingkat partisipasi siswa dalam diskusi dan kegiatan kelompok juga mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, khususnya Asmaul Husna.
Copyrights © 2025