Kurikulum Merdeka berfokus pada pengembangan kemandirian siswa. SMA Muhammadiyah 1 Pontianak menghadapi tantangan integrasi teknologi yang minim, materi monoton, dan partisipasi siswa rendah. Solusi diusulkan adalah meningkatkan integrasi teknologi melalui media pembelajaran video yang menarik dan interaktif. Tujuan pengabdian adalah membekali guru dengan keterampilan membuat video pembelajaran kreatif untuk merangsang kemandirian dan semangat belajar siswa di luar kelas. Metode kegiatan mencakup ceramah dan praktek, dengan fokus pada perencanaan video, penggunaan Canva, dan teknik pengambilan gambar menggunakan smartphone. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan pengembangan media ajar dikategorikan berhasil dengan adanya peningkatan pemahaman guru sebesar 80% dan peningkatan kompetensi diatas 50% dalam menggunakan Canva sebagai media pembelajaran. Hasil survey pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta setuju bahwa pelatihan bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan peserta.
Copyrights © 2024