Media Bina Ilmiah
Vol. 18 No. 12: Juli 2024

PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH YANG BERPIHAK PADA SISWA BERDASARKAN PEMETAAN ASET DENGAN ALUR BAGJA OLEH CALON GURU PENGGERAK (CGP) SMK NEGERI 1 KEMANGKON

Turyono, Turyono (Unknown)
Andi Supriyadi (Unknown)
Bambang Guritno (Unknown)
Hendra Jaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2024

Abstract

Siswa berfungsi sebagai landasan bagi semua proses pengambilan keputusan di sekolah. Melalui filosofi dan metafora “bercocok tanam padi”, Ki Hajar Dewantara menganjurkan bahwa dalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru harus secara sadar dan sistematis membangun ekosistem yang mendukung pembelajaran siswa, sehingga dapat berkembang sesuai dengan fitrahnya. Oleh karena itu, ketika merancang program/kegiatan pembelajaran di sekolah, baik intrakurikuler, kokurikuler, maupun ekstrakurikuler, siswa juga harus menjadi pertimbangan utama. Dalam Program Pendidikan Pemberdayaan Guru (PPGP), digali sejauh mana guru dapat melibatkan siswa dalam proses pengambilan keputusan terkait program/kegiatan pembelajaran tersebut. Guru di PPGP diharapkan dapat mengembangkan gagasan hasil kolaborasi menjadi rencana aksi transformatif berbasis Appreciative Inquiry dalam bentuk rencana program/kegiatan dengan memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MBI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

Media Bina Ilmiah, ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505 (online), diterbitkan 12 (Dua Belas) nomor dalam setahun (Januari-Desember) oleh BINA PATRIA. Jurnal ini merupakan sarana komunikasi dan penyebarluasan informasi hasil-hasil penelitian dan pengembangan, kajian serta pemikiran dalam bidang ...