Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bisnis pada Usaha Tempe Kobe Panda dengan menggunakan aspek pemasaran dan aspek keuangan. Alat analisis aspek keuangan menggunakan analisis Payback Periode, Net Present Value dan Internal Rate of Return untuk mengetahui suatu usaha layak atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Usaha tempe Kobe Panda layak dari aspek pemasaran dengan produk yang berkualitas tinggi, karena bahan baku yang di impor, harga yang terjangkau, sehingga seluruh kalangan masyarakat bisa membelinya, distribusi yang sudah cukup luas, dan promosi yang pemilik berikan cukup membuat para konsumen mengetahui produk yang dijualnya. Dan hasil analisis dari aspek keuangan menunjukkan Usaha tempe ini dikatakan layak dijalankan dengan umur proyek selama 10 tahun pada tingkat discount rate sebesar 10%. Analisis kriteria kelayakan menghasilkan Payback Period selama 8 bulan 2 minggu, nilai Net Present Value (NPV) sebesar Rp 154.490.500, nilai Internal Rate of Return 22%.
Copyrights © 2024