ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora
Vol. 2 No. 1 (2024): Agustus

Gambaran Kecerdasan Emosional Peserta Didik serta Impikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMPN 1 Cibungbulang

Puji Lestari (Unknown)
Dian Rahmawati (Unknown)
Cindy Marisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional peserta didk di SMPN 1 Cibungbulang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sample penelitian ini mencakup peserta didik kelas 8 sebanyak 34 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket. Secara keseluruhan skor capaian responden untuk kecerdasan emosional berada pada kategori rendah. Dapat dilihat dari aspek kesadaran emosional sebesar 41%, manajemen emosional sebesar 51.5%, kesadaran emosional sosial sebesar 49.7%, dan manajemen hubungan sebesar 49.2%. Implikasi hasil penelitian tersebut dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan peserta didik untuk pemberian pelayanan bimbingan dan konseling dalam kecerdasan emosional pada peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

arima

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ARIMA : Jurnal Sosial Dan Humaniora Jurnal yang diterbitkan 4 (empat) kali dalam setahun, yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November oleh Publikasi Inspirasi Indonesia. Jurnal ini adalah jurnal studi ilmu-ilmu Sosial humaniora dan pendidikan yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang ...