Nowadays, business competition is increasingly high, especially with increasingly rapid technological developments, MSME players must have a good strategy in order to remain competitive with other competitors. Therefore, this research aims to find out the marketing strategies carried out by MSMEs in facing very high competition in the digital era. The research method in this research uses a qualitative approach through carefully prepared interviews with MSME actors dagan. The results of this research are that the strategy that must be carried out by MSMEs dagan in order to survive in the digital era is to support aggressive marketing strategies so that they can show that these MSMEs can have the strength to take advantage of existing opportunities, so they can open more branches and gain abundant profits. and can establish good communication relationships with consumers. Persaingan usaha pada zaman sekarang semakin tinggi apalagi pada perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat para pelaku UMKM harus mempunyai strategi yang baik agar tetap bisa bersaing dengan para kompetitor lainnya. Maka dari itu penelitihan ini bertujuan agar dapat mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh para UMKM dalam menghadapi persaingan yang sangat tinggi di era digital. Metode penelitihan dalam penelitihan ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui wawancara yang sudah dipersipkan secara matang pada pelaku UMKM. Hasil penelitihan ini bahwa strategi yang harus dilakukan oleh UMKM agar bisa bersing pada era digital adalah mendukung pada strategi pemasaran yang agresif agar bisa menunjukan bahwa UMKM dagan ini bisa memiliki kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada, agar bisa membuka cabang lebih banyak lagi dan mendapatkan keuntungan yang berlimpah dan dapat menjalin hubungan komunikasi dengan baik pada para konsumen.
Copyrights © 2024