Jurnal Pema Tarbiyah
Vol 3, No 1 (2024)

MENINGKATKAN BTQ ANAK-ANAK DI DESA PEMATANG SIJONAM DUSUN III KEC. PERBAUNGAN KAB. SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA

Auliani, Rizky (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Jelita, Dea Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Risnawati, Risnawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Sari, Sinta Affrilliana (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Zein, Azizah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Fithri, Jihan Fadiyah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Rismayani, Rismayani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Fawaz, Rhea Aquilla (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Sitorus, Ahmad Syukri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Pengabdian masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan ini bertempat di Desa Pematang Sijonam Kec. Perbaungan Dusun III Provinsi Sumatera Utara. Tujuan dilaksanakannya pengabdian ini adalah sebagai salah satu pelaksanaan progam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Adapun metode yang digunakan untuk pengabdian ini adalah dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Selama pengabdian berlangsung kami melihat adanya anak-anak yang setiap harinya melakukan mengaji sore, kami mengadakan pendampingan belajar untuk anak-anak yang tinggal di sini. Pada  hari pertama berfokus mengobservasi anak-anak dan menemukan bahwa kemampuan baca tulis al-quran mereka masih cukup rendah,dilihat dari kelancaran membaca masih terbata-bata,dan penggunaan ilmu tajwid yang belum tepat. Setelah dilakukan pembinaan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan BTQ  anak-anak. kemudian dengan pemberian dua kali pre-test, hasil pre-test yang pertama masih banyak kekurangan sehingga diadakan lagi pre-test kedua sehingga menghasilkan anak-anak menunjukkan minat yang lebih tinggi,keterlibatan yang lebih aktif dan mendapati peningkatan keterampilan baca tulis quran mereka. Dan beberapa dari mereka sudah mampu membaca al-quran dengan memperhatikan tajwid bahkan juga membaca dengan lagu, dan bagi yang iqra sudah lebih memahami huruf-huruf hijaiyah sehingga lebih lancar dalam membaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pematarbiyah

Publisher

Subject

Education

Description

JOURNAL PEMA TARBIYAH is a peer-reviewed journal about education, especially community service, sharing knowledge and information about research reports on all aspects of education and community service. JURNAL PEMA TARBIYAH specifies on Education Publications published an article in the form of the ...