Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan
Vol 20, No 1 (2024): RAUSYAN FIKR

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR GOOGLE CLASSROOM

Mubin, Ali (Unknown)
Al Irsyadiyah, Al Irsyadiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pembatasan seluruh kegiatan termasuk dunia pendidikan dimana pemerintah mewajibkan pembelajaran jarak jauh. Sehingga guru dituntut untuk mampu menciptakan media belajar yang dapat digunakan peserta didik dari rumah secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran online menggunakan media belajar google classroom siswa kelas XI di SMK Negeri 3 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media google classroom cukup efektif dalam pembelajaran online. Hal ini berdasarkan indikator pembelajaran efektif menurut Wotruba dan Wright didapatkan bahwa dalam google classroom pengorganisasiaan pembelajaran sangat efektif, antusiasme siswa cukup efektif, sikap positif guru terhadap peserta didik sangat efektif, pemberian ujian dan nilai yang adil sangat efektif, keluwesan pendekatan pembelajaran sangat efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

RausyanFikr

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Rausyan Fikr adalah jurnal yang didirikan dari tahun 2008 oleh fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Tangerang Banten. jurnal rausyan fikr memuat penelitian-penelitian di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Perbankan ...