Coupler adalah peralatan perangkai yang menghubungkan antar sarana yg konstruksinya dapat terpisah atau dalam satu kesatuan. Komponen kereta api seperti sistem bogie termasuk coupler, dan konstruksi gerbong yang terlalu berat berdampak pada penurunan performa kereta api. Penilitian ini bertujuan untuk mengurangi berat coupler tanpa mengurangi kekuatan strukturnya. Pendekatan yang digunakan pada desain dan analisa coupler ini yaitu dengan megkombinasikan teknik Generative Design, Conventional Design dan Finite Element Analysis. Objektif yang digunakan adalah meminimalkan berat dengan safety factor minimum yang di tentukan. Variasi luaran CAD model dari gerative design yang dipilih kemudian di evalusai menggunakan Finite Element Analysis untuk melihat failure regions dan less critical regions. Teknik Conventional Design digunakan untuk memodifikasi desain coupler berdasarkan hasil analisa kemudian di evaluasi lagi menggunakan Finite Element Analysis hingga memenuhi objektif yang ingin dicapai. Dari hasil penelitian didapatkan desain coupler dengan berat 85.5% dari berat desain awal, tanpa mengurangi kekutan strukturnya yang di tunjukan dari hasil Finite Element Analysis yaitu tegangan maksimal pada beban tarik sebesar 511 Mpa dan 474 Mpa pada beban tekan.
Copyrights © 2024