Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 11 (2024): Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI CANVA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS V SDN LAMKUNYET ACEH BESAR

Sari, Geby Novita (Unknown)
Safiah, Intan (Unknown)
Nurmasyitah, Nurmasyitah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn selain permasalahan hasil belajar, penggunaan media yang kurang maksimal ketika menyampaikan materi ajar juga menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PKn Kelas V SDN Lamkunyet Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain Non-equivalent Cotrol Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 siswa SDN Lamkunyet Aceh Besar tahun ajaran 2024/2025 yaitu 21 siswa VB kelas eksperimen dan 21 siswa VA kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan soal tes objektif sebanyak 20 butir soal untuk mengukur hasil belajar pada mata pelajaran PKn. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah melakukan pembelajaran menggunakan media interaktif berbasis aplikasi canva dengan hasil belajar siswa berdasarkan rata-rata nilai pre-test untuk kelas eksperimen sebesar 57,9 dan kelas kontrol sebesar 55,5, Sedangkan nilai rata-rata post-test untuk kelas eksperimen sebesar 77,6 dan kelas kontrol sebesar 57,6. Adapun uji hipotesis dengan uji-t independent sample test. Hasil uji-t independent diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka kriteria pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media interaktif berbasis aplikasi canva terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas V SDN Lamkunyet Aceh Besar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cendikia

Publisher

Subject

Education

Description

Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal penelitian peer-reviewed open access yang diterbitkan oleh Komunitas Menulis dan Meneliti (Kolibi). Cendikia menyediakan wadah bagi para peneliti, akademisi, profesional, praktisi, dan mahasiswa untuk menyampaikan dan berbagi pengetahuan dalam ...