Usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki peran besar dalam pertumbuhan ekonomi nasional. Untuk menjaga keberlangsungan kegiatan UKM di tengah persaingan bisnis yang ada diperlukan strategi pemasaran manajemen yang tepat untuk mencapai tujuan perusahaan. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Objek dari penelitian ini adalah bentuk usaha Snack perusahaan yaitu Snack barokah yang belum menerapkan manajemen strategi pemasaran yang tepat untuk memperluas bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dan menjadi unsur strategi pemasaran serta mengembangkan dan merekomendasikan strategi pemasaran yang tepat untuk diterapkan. Penelitian ini menggunakan analisis QSPM (Quantitave Planing Strategy Matrix) untuk menyusun strategi yang akan diambil. Sampel penelitian ini diambil dari Pihak-pihak di dalam perusahaan. Penentuan sampel sebagai responden menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan responden yang memiliki kemampuan dan kewenangan dalam merumuskan strategi pemasaran perusahaan. Penelitian ini menghasilkan alternatif strategis UKM dan urutan prioritas Snack Barokah sebagai berikut: meningkatkan kualitas produk dengan menggunakan mesin kemasan, memproduksi makanan ringan sendiri, meningkatkan kualitas produk untuk menghadapi persaingan, mencari tambahan modal untuk memanfaatkan program pinjaman Pemerintah, mempertahankan tingkat harga dan meningkatkan kualitas rasa, gencar promosi produk usaha dengan memanfaatkan sarana media elektronik, Meningkatkan promosi secara langsung mendekati cara memperluas pasar seluruh salers suara konsumen, memberikan, dan menjaga hubungan baik dengan pemasok.
Copyrights © 2024