Jahe bubuk merupakan salah satu produk olahan pada komoditas jahe. Jahe bubuk salah satu produk olahan yang diekspor ke manca negara. Jika dilihat volume ekspor jahe bubuk cukup berfluktuatif. Penelitian ini bertujuan dalam mengidentifikasi daya saing ekspor dan posisi pasar produk jahe bubuk Indonesia ke negara tujuan Jepang dan Amerika Serikat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode Revealed Comperative Adventage (RCA) dan Metode Export Product Dynamics (EPD). Hasil identifikasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ekspor jahe bubuk Indonesia ke Jepang tidak berdaya saing sedangkan ekspor ke Amerika Serikat menunjukkan adanya daya saing. Hasil analisis Export Product Dynamics (EPD) jahe bubuk Indonesia yaitu retreat di Negara Jepang dan lost opportunity di Negara Amerika Serikat. Melihat posisi daya saing jahe bubuk Indonesia tersebut sebaiknya dipergunakan untk memeuhi kebutuhan negeri. Alasan ini dikarenakan pangsa pasar di dunia cenderung mengalami penurunan. Perlu adanya pertumbuhan jika ingin menumbus pasar internasional untuk mendapatkan posisi yang terbaik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024