Pamasa: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 2 No 1 (2024): June

Pendampingan Mengaji Melalui Metode Qiro’ati di Masjid Hasan Rifa’i, Ponorogo

Retnowati, May Shinta (Unknown)
Alatas, Muhammad Ali (Unknown)
Mafaz, Mafaz (Unknown)
Harist, Dinar Naufal (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Peran Masyarakat dalam Lembaga Pendidikan berbasis keagamaan Islam menjadi tanggung jawab semua pihak, khususnya pondasi awal tentang membaca Al Qur’an. Adanya wadah pendidikan Al Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) desa Bangunrejo , masih belum cukup untuk mengoptimalkan kemampuan membaca Al Qur’an pada anak-anak di desa Bangunrejo. Dari hasil observasi di awal bahwa terlihat dari kondisi anak-anak yang kurang berminat untuk belajar mengaji disebabkan belum adanya pengajar pengganti dalam mengajar mereka setiap sore hari di masjid Hasan Rifa’i. maka dari itu, penulis membantu melakukan pengembangan kegiatan belajar mengajar mengaji dengan menggunakan metode Qiro’ati. Sebab banyak dari mereka belum menguasai tentang cara membaca Al-Qur’an secara baik dan benar Tujuan dari pengabdian kepada Masyarakat melalui kegiatan mengaji di Masjid Hasan Rifa’I diharapkan untuk membantu anak-anak di desa Bangunrejo yang tidak belajar di TPA ataupun anak-anak yang ada dilingkungan masjid untuk bisa mengaji. Metode pengabdian yang dilakukan adalah pendampingan mengaji menggunakan metode Qiro’ati. Hasil dari pengabdian kepada Masyarakat pelaksanaan terdapat tiga pelaksanaan, yakni tahap awal dimulai dari kehadiran peserta (anak-anak), tahap inti yang menggunakan metode qiroati secara keseluruhan dan tahap penutup (evaluasi).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pamasa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Pamasa: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menerima artikel hasil kegiatan kepada masyarakat dalam bidang: 1. Pendidikan 2. Bahasa 3. Sastra 4. ...