Di SMKN 1 Gunung Kijang, sistem pembelajaran yakni e-learning belum dimanfaatkan atau digunakan sebagai salah satu sarana belajar bagi siswa. Karenanya, tujuan penelitian ini adalah merancang sistem e-learning yang inovatif, untuk meningkatkan motivasi siswa dan menarik minat belajar mereka. Dalam pengembangannya, sistem e-learning ini menggunakan metode design thinking, yang memiliki 5 tahapan, yaitu, emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Desain sistem e-learning ini memiliki fitur akses materi, informasi tugas, evaluasi, forum diskusi, dan feedback. Tampilan serta kegunaan fitur ini, telah di uji dengan menggunakan SUS (System Usability Scale) dengan skor 80,3. Dan UEQ (User Experience Questionnaire) yang memiliki hasil excellent. Subjek penelitian dipilih dari siswa kelas X SMK Negeri 1 Gunung Kijang. Hasil desain dan pengujian yang diperoleh ini akan memberi solusi dan inovasi dalam sebuah perancangan sistem e-learning bagi pengembang sistem serupa.
Copyrights © 2024