Pada konteks pendidikan kecemasan terkait dengan situasi khusus yang merujuk kondisi dialami selama proses studi dan bisa menjadi gangguan kinerja akademik. Respon kecemasan pada mahasiswa dapat mempengaruhi kemampuan daya tangkap berkurang, mengamhhu hubungan sosial, penurunan konsentrasi, kebingungan , pemecahan masalah yang buruk dan frustasi sehingga dibutuhkan intervensi salah satunya dengan menggunakan easy EFT. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi pengaruh terapi easy EFT pada mahasiswa keperaawatan. Design penelitian menggunakan eksperimen pre-post test menggunakan kelompok kontrol dan kelompok intervensi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa fakultas keperawatan universitas Bhakti Kencana dengan tehnik simple ramdom menggunakan aplikasi G*Power didapatkan jumlah sample 36 responden. Instrument yang digunakan yaitu panduan pelaksanaan easy EFT dan instrument online test anxiety inventori untuk mengukur kecemasan. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat untuk melihat gambaran kecemasan dan analisis bivariat menggunakan paired t-test untuk melihat keefektifan easy EFT. Hasil penelitian nilai mean kesemasan sebelum dilakukan intervensi sebesar 26,7 dan setelah diberikan intervensi sebesar 13,1 selanjutnya perbedaan kecemasan pada kelompok control dan kelompok intervensi dengan nilai p-value 0.00 sehingga dapat didimpulkan secara statistic ada pengaruh yang signifikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024