Kappa Journal
Vol 8 No 2 (2024): Agustus

Meta Analisis: Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Pemahaman Konsep IPA

Aisah, Nur (Unknown)
Yuliani, Hadma (Unknown)
Nasir, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Terbatasnya akses ke teknologi canggih dapat menciptakan kesenjangan digital di antara peserta didik, membatasi potensi multimedia interaktif untuk menjangkau semua peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian adalah meta-analisis, dengan pencarian sumber diperoleh 13 artikel jurnal dengan kata kunci "Multimedia Interaktif", "Memahami Konsep IPA" pada software manajemen website, referensi mendeley, google schoolar dan aplikasi publish or perish harzing. Diperoleh 6 artikel jurnal penelitian yang relevan 2014-2024. Nilai Ukuran Efek size sebesar 1,196 (tinggi). Interpretasi nilai Effect Size adalah pengaruh multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep IPA sebesar 88% bila diterapkan pada siswa. Dengan demikian, multimedia interaktif efektif diimplementasikan sebagai solusi untuk memahami konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...