Terbatasnya akses ke teknologi canggih dapat menciptakan kesenjangan digital di antara peserta didik, membatasi potensi multimedia interaktif untuk menjangkau semua peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa berpengaruh multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA. Metode penelitian adalah meta-analisis, dengan pencarian sumber diperoleh 13 artikel jurnal dengan kata kunci "Multimedia Interaktif", "Memahami Konsep IPA" pada software manajemen website, referensi mendeley, google schoolar dan aplikasi publish or perish harzing. Diperoleh 6 artikel jurnal penelitian yang relevan 2014-2024. Nilai Ukuran Efek size sebesar 1,196 (tinggi). Interpretasi nilai Effect Size adalah pengaruh multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep IPA sebesar 88% bila diterapkan pada siswa. Dengan demikian, multimedia interaktif efektif diimplementasikan sebagai solusi untuk memahami konsep peserta didik dalam pembelajaran IPA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024