Kappa Journal
Vol 8 No 2 (2024): Agustus

Efektifitas Media Pembelajaran Berbasis Word Wall Terhadap Hasil Belajar IPAS di Kelas IV SD

Meysandi, Salsa Ivone (Unknown)
Zumrotun, Erna (Unknown)
Widiyono, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektifitas media pembelajaran berbasis Word Wall terhadap hasil belajar mata pelajaran IPAS dikelas IV SD dan sebagai variasi saran untuk media pembelajaran berbasis interaktif. Media Word Wall memiliki fitur-fitur yang bisa diakses secara gerartis dan bisa dimanfaatkan oleh guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang menarik. Sebanyak 25 peserta didik dijadikan sebagai subjek dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Pemberian pretest kemudian perlakuan treatment selama tiga kali pertemuan dan dilanjut posttest digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa media Word Wall dapat membantu meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS. Terbukti dengan rata-rata nilai posttest yang diperoleh 75,00 lebih tinggi dari nilai awal pretest sebesar 47,40, menunjukkan adanya peningkatan nilai sebesar 27,60. Dengan demikian dapat dikatakan media Word Wall efektif terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran IPAS dikelas IV SDN 3 Bandengan Jepara.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kpj

Publisher

Subject

Astronomy Physics Other

Description

Kappa Journal (e-ISSN 2549-2950) mempublikasikan artikel hasil-hasil penelitian fisika, inovasi pembelajaran fisika, dan pemikiran-pemikiran kritis tentang fisika maupun pendidikan fisika. Kappa Journal diterbitkan oleh Universitas Hamzanwadi dua kali setahun yakni setiap bulan Juni dan ...