Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah berbasis agama menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan sumber daya dan minimnya motivasi siswa. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk mengatasi kendala tersebut dengan mengimplementasikan program penguatan pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Quran Papua Madani Boarding School (PMBS) Jayapura dengan metode pengajaran berbasis proyek dan pendekatan komunikatif. Adapun Metode pengabdian yang dilaksanan adalah sosialisasi penguatan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis proyek dan pendekatan komunikatif, pelatihan pembelajaran pembelajaran Bahasa Inggris berbasis proyek dan pendekatan komunikatif, pedampingan pembelajaran Bahasa inggris bagi siswa dan guru. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan berbahasa Inggris siswa, dengan skor tes meningkat rata-rata sebesar 25%. Selain itu, 85% siswa melaporkan peningkatan motivasi dan minat dalam belajar Bahasa Inggris. Guru juga mengalami peningkatan keterampilan mengajar setelah mengikuti pelatihan dan pendampingan yang diberikan. Rekomendasi untuk pengembangan lebih lanjut mencakup perluasan program ke sekolah-sekolah lain, peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran, dan dukungan untuk kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pembelajaran Bahasa Inggris. Kata Kunci: Penguatan pembelajaran, Bahasa Inggris, Sekolah Quran, Papua Madani, Jayapura.
Copyrights © 2024