Asuransi kesehatan merupakan salah satu komponen subsistem pembiayaan kesehatan. BPJS Kesehatan merupakan badan hukum publik yang didirikan untuk mengelola Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Mobile app JKN-KIS menjadi perubahan yang signifikan bagi BPJS untuk dekat dengan masyarakat. Fitur yang terdapat dalam aplikasi Mobile JKN memungkinkan peserta untuk melakukan konsultasi dengan dokter dan memeriksa riwayat kesehatan secara langsung, sehingga mereka tidak perlu mendatangi klinik atau rumah sakit untuk mendapatkan data riwayat kesehatan tersebut. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu-ibu PKK tentang akses layanan jaminan kesehatan melalui Mobile app JKN. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat melalui kegiatan penyuluhan tentang layanan jaminan kesehatan dengan memanfaatkan Mobile app JKN. Sasaran peserta pengabdian kepada masyarakat adalah ibu PKK di lingkungan Kampung Tegalmulyo. Pelaksanaan kegiatan pengabdian yang dilakukan di lingkungan Kampung Tegalmulyo telah diikuti oleh 11 peserta. Berdasarkan karakteristik usia peserta  diketahui bahwa peserta  terbanyak berusia 45-55 tahun (63,6%). Pengukuran pengetahuan diperoleh melalui penilaian pre-test dan post-test yang menunjukkan peningkatan pengetahuan. Persentase hasil pre-test dengan kategori pengetahuan baik yaitu 36,4% dan mengalami peningkatan pengetahuan pada kategori baik saat post-test dengan persentase yaitu 72,7%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024