Educatio
Vol 19 No 1 (2024): Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan

Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Di Sma N 9 Semarang

Setiadi, Amar (Unknown)
Suneki, Sri (Unknown)
Wiratama, Rizki (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2024

Abstract

Profil pelajar Pancasila mempunyai tujuan yaitu memperkenalkan karakter bangsa dan kemampuan global perlu dimiliki pelajar Pancasila, sejalan sesuai nilai nilai luhur Pancasila, serta mempunyai makna mencetak penerus hebat dimana mampu mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini mendapatkan bahwa penerapan profil pelajar Pancasila belum ideal atau belum maksimal karena adanya berbagai hambatan seperti minimnya minat siswa terhadap mata pelajaran dan siswa masih pasif dalam belajar. Implementasi Profil Pelajar Pancasila seharusnya bisa menjadi pedoman dalam menciptakan karakter siswa Indonesia pada masa yang akan datang. Karena merupakan suatu dasar dalam Profil Pelajar Pancasila yang wajib menjadi pelekat atau pada setiap peserta didik. Figur itu akan selalu ada pada tingkah laku maupun sikap peserta didik pada waktu sehari hari. Begitu pula, pada pendidikan akan berakhir pada satu tujuan yang terdapat pada program-program dan kegiatan pembelajaran disetiap sekolah Profil Pelajar Pancasila membentuk pelajar Indonesia menjadi pembelajar sepanjang masa yang mempunyai kapabilitas secara luas dan berintegritas sepadan pada nilai-nilai Pancasila dengan 6 ciri utama : (1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, (2) berkebinekaan global, (3) bergotong royong, (4) mandiri, (5) bernalar kritis, (6) kreatif

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edc

Publisher

Subject

Education

Description

Educatio, ISSN: 1908-3224 (printed) and 2527-9998 (online), is an open access peer reviewed research journal that is published by the Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi. Educatio is providing a platform for the researchers, academicians, professionals, practitioners ...