Hasil belajar matematika siswa yang terlihat masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran kolaboratif. Tujuan dari pembelajaran kolaboratif ini yaitu agar siswa dapat membangun pengetahuan dari tutor teman sebaya, mendapatkan pengetahuan dari interaksi dialog, membagi informasi dengan teman maupun guru sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan secara mental. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan diawali oleh pras-siklus. Pada setiap siklus yang dilakukan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Mengwi dengan kelas terpilih yaitu kelas XI I, dimana jumlah siswanya sebanyak 35 orang sebagai subjek. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa lembar observasi wawancara dan hasil tes belajar. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu peningkatan yang terjadi pada siklus II sebesar 86% jika dibandingkan dengan siklus I sebesar 48%, hal ini dikarenakan sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan maka penelitian ini berhenti pada siklus II. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran kolaboratif yang dilakukan di kelas XI I SMA Negeri 2 Mengwi dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa pada materi statistika.
Copyrights © 2024