Terjadinya penurunan kinerja guru di Sekolah Islam Terpadu As-Salaam pada masa pandemi Covid-19 membutuhkan adanya pengetahuan tentang factor-faktor yang mempengaruhi penurunan kinerja guru tersebut. Gaya kepemimpinan partisipatif dan disiplin kerja dengan budaya organisasi yang ada di sekolah SIT As-Salaam perlu dilakukan analisis dalam usaha meningkatkan kinerja guru. Penelitian yang dilakukan di sekolah SIT As-Salaam yang berlokasi di kecamatan Gunungputri-Bogor ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Dengan pendalaman data primer berupa penyebaran kuesioner kepada seluruh guru di sekolah SIT As-Salaam yang berjumlah 54 orang dan juga menggunakan literasi-literasi ilmiah, data-data berkaitan dengan sekolah dan observasi pada lingkungan sekolah. Dari hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan secara parsial maupun simultan antara gaya kepemimpinan partisipatif dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Sedangkan budaya organisasi yang dimiliki oleh sekolah SIT As-Salaam dapat memoderasi gaya kepemimpinan partisipatif dan disiplin kerja terhadap kinerja guru yang dibuktikan dengan bertambahnya nilai koefisien determinasi (R-Square) sebesar 19,1%.
Copyrights © 2024