Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra
Vol 11, No 1 (2024): April

Efektivitas Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Keterampilann Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI MA Sunan Ampel

Iskarimah, Ima Hazimah (Unknown)
Quthny, Abu Yazid Adnan (Unknown)
Susetya, Hemas Haryas Harja (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keefektifan model pembelajaran Think Talk Write dan Student Team Achievement Devition pada pembelajaran menulis teks eksplanasi. Model Think Talk Write sendiri merupakan sebuah model pembelajaran kooperatif yang memiliki tahapan-tahapan dalam pengaplikasiannya yaitu: tahap berpikir,tahap berbicara dan tahap menulis. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah MA Sunan Ampel Kamalkuning, Krejengan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif berbentuk angket. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuisioner. Analisis Data kuantitatif terdiri dari dari tiga tahapan: 1). Tahap uji Normalitas, 2). Tahap Uji Homogenitas dan 3). Tahap uji-t Hipotesis. Hasil penelitian yang didapat sebagai berikut: Adapun hasil uji hipotesis menggunakan bantuan SPSS versi 23 menunjukkan nilai t hitung lebih besar 0,115 daripada t tabel 0,19 dengan taraf signifikan 0,036. Nilai signifikansi lebih kecil 0,05 maka dinyatakan dalam penelitian ini hipotesis  H_1 dan H_(0) ditolak. Berdasarkan penjabaran hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Think Talk Write lebih  efektif dibandingkan dengan model pembelajaran Student Team Achievement Devition terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas XI MA Sunan Ampel.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

METAFORA

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra menyediakan forum untuk menerbitkan artikel dan laporan penelitian yang berfokus pada bidang: 1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Kajian Linguistik Bahasa Indonesia 3. Kajian Sastra ...