Penelitian ini didorong oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar, khususnya siswa kelas IV SD 1 Panjang, dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dianalisis menggunakan metode analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil evaluasi pada akhir setiap siklus, sementara data kualitatif diperoleh melalui observasi dan wawancara selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri berbantuan media Smart Box dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 58,33% dengan nilai rata-rata 70,5 yang masuk dalam kriteria rendah. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata 79,41 yang masuk dalam kriteria tinggi. Kesimpulannya, penggunaan model inkuiri berbantuan media Smart Box efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa
Copyrights © 2024