Rendahnya konsumsi buah dan sayur bisa menyebabkan tubuh merasakan kekurangan unsur gizi yang bisa mengakibatkan terjadinya penyakit. Media ROTAN merupakan media yang dapat menambah pengetahuan dan sikap anak tentang konsumsi buah dan sayur. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh permainan ROTAN terhadap perilaku konsumsi buah dan sayur pada anak sekolah dasar. Desain penelitian ini memakai Pre Eksperiment One Grup Pre test dan Post test design dengan metode kuantitatif. Sampel di penelitian ini merupakan anak SD yang berjumlah 34 orang. Didalam penelitian ini teknik sampling memaki teknik random sampling kemudian di uji memakai uji wilcoxon. Hasil dalam penelitian ini yaitu terjadi peningkatan rerata pengetahuan dan sikap anak tentang konsumsi buah dan sayur dengan rerata sebelum 45,09 kemudian sesudah 8,82. Hasil rerata sikap sebelum 23,79 dan sesudah 36,79 sedangkan hasil rerata tindakan sebelum 1,00 dan sesudah 6,44. Penelitian ini juga menunjukan terdapat pengaruh setelah diberikan pengaruh game ROTAN terhadap perilaku konsumsi buah dan sayur pada anak SD yang dibuktikan dengan p-value< 0,05. Media ini diharapkan bisa dijadikan salah satu alternatif untuk dalam menyampaikan informasi kesehatan tentang buah dan sayur pada anak SD
Copyrights © 2021